Minggu, 31 Juli 2016

Ringkasan Teks Cerpen "Juru Masak" Karya Damhuri Muhammad

Halo sobat kali ini admin akan memberikan kalian semua ringkasan (rangkuman) dari teks cerpen yang berjudul "Juru Masak". Pada buku paket kelas 11 SMA, ada sebuah teks cerita pendek karya Damhuri Muhammad yang berjudul Juru Masak. Berikut ini adalah ringkasannya.

Ringkasan Teks Cerpen "Juru Masak"

Makaji adalah seorang juru masak yang terkenal dan patut diperhitungkan di desanya, Lareh Panjang. Tanpa kehadiran Makaji, sebuah perhelatan kenduri tidak akan meriah danmemuaskan para tamu undangan. Walaupun begitu, Makaji tak pernah pandang bulu dalammelayani pesanan masyarakat Lareh Panjang.
ringkasan cerpen juru masak

Ketika usianya mulai senja, Arial anak Makaji mengajaknya untuk tinggal bersama di Jakarta. Namun, Makaji bimbang memikirkan hanya ada satu juru masak di desanya. Sehingga ia meminta pada Azrial untuk diberikan satu kesempatan lagi memasak dalam kenduri milik anak Mangkudun. Ketika Azrial mengetahui tentang hal ini, pikirannya kembali ke kisah masa lalunya yang kelam.


Masih segar di ingatan Azrial bagaimana hubungannya dengan Renggogeni, anak Mangkudun tidak disetujui oleh Mangkudun. Azrial berusaha melupakan segalanya dan merantau hingga sukses dan memiliki sebuah rumah makan dan 24 anak buah. Tepat 2 hari sebelum perhelatan kenduri Renggogeni diadakan, Azrial mengajak Makaji ke Jakarta. Cerita ini pun sampai ke telinga Renggogeni. Renggogeni bisa membayangkan bagaiamana terpiuhnya hati Azrial mengetahui dirinya dipinang orang lain.

0 komentar

Posting Komentar