Sabtu, 02 Juli 2016

Pengertian dan Perbedaan Qada dan Qadar (Takdir)

Halo sobat, kali ini admin akan memberikan kepada kalian semua materi agama yaitu Pengertian Qada dan Qadar dan juga Perbedaannya. Yup, dari judulnya saja bisa kita lihat bahwa yang akan saya jelaskan kali ini yaitu tentang apa arti qada dan qadar dan juga apa perbedaan arti dari qada dan qadar itu sendiri karena seperti yang kita ketahui bahwa kedua nya adalah takdir namun memiliki arti yang berbeda. Untuk itu silahkan simak lebih lanjut materi berikut.
Pengertian dan Perbedaan Qada dan Qadar (Takdir)

Para ulama mempunyai pandangan yang berbeda di dalam memberikan arti qada dan qadar. Ada yang mengartikan sama, ada pula yang mengartikan berbeda. Dari perbedaan pandangan tersebut dapat disimpulkan bahwa menurut bahasa, qada artinya menentukan atau memutuskan, sedangkan kadar artinya memeri kadar, aturan, atau ketetapan. Adapun menurut istilah adalah sebagai berikut.

  1. Qada ialah segala ketentuan atau keputusan Alla Swt. terhadap mahluk-Nya sejak zaman azali.
  2. Qadar ialah perwujudan dari qada yaitu ketetapan Allah Swt. yang telah terjadi. Seperti firman Allah yang artinya:

    "Dan Dia menciptakan segala sesuatu, lalu menetapkan ukuran-ukurannya dengan tepat." (Q.S. Al-Furqan, 25: 2).

Iman kepada qada dan qadar artinya percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa Allah Swt. telah menentukan segala sesuatu terhadap mahluk-Nya. Iman kepada qada dan qadar meliputi empat prinsip. Berikut adalah empat (4) prinsip yang diliputi oleh qada dan qadar.
  1. Iman kepada ilmu Allah Swt. yang kadim (tidak berpemulaan).
  2. Iman bahwa semua qada Allah Swt. telah tertulis di Lauhul Mahfudz.
  3. Iman kepada adanya kehendak Allah Swt. yang berlaku, dan kekuasan-Nya bersifat menyeluruh.
  4. Iman bahwa Allah Swt. adalah zat yang mewujudkan mahluk. Allah Swt. adalah Sang Pencipta dan yang lain adalah mahluk.
Qada dan qadar merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan sebab yang satu ibarat rencana, sedangkan yang lainnya merupakan implementasi (perwujudan) dari rencana tersebut. Dalam ungkapan sehari-hari qada dan qadar dikenal dengan istilah takdir.

0 komentar

Posting Komentar