Kamis, 28 Juli 2016

IMAN KEPADA RASUL (Pengertian, Hukum, dan Ayat yang Menjelaskan tentang Iman Kepad Rasul)

Halo sobat, pada kesempaan ini saya akan memberikan materi agama yaitu Iman Kepada Rasul. Adapun yang akan saya jelaskan mengenai materi iman kepada rasul yaitu tentang pengertian, hukum, dan juga ayat yang menjelaskan tentang keimanan kepada rasul di dalam al-qur'an. Langsung saja mari kita simak materi nya berikut ini.

Pengertian Iman kepada Rasul
Iman kepada rasul berarti mempercayai atau meyakini bahwa rasul Allah Swt. adalah seorang yang diutus dan ditugaskan Allah swt. menyampaikan ajaran Allah Swt. (wahyu) yang diterimanya kepada umatnya agar dijadikan pedoman hidup.

Sebagian ulama dan umat islam ada yang berpendapat bahwa setiap rasul sudah pasti nabi, tetapi seorang nabi belum tentu menjadi seorang rasul.

Hukum Beriman kepada Rasul
Hukum beriman kepada rasul adalah wajib (fadu 'ain). Para rasul merupakan utusan Allah swt. yang mengemban tugas menyampaikan risalah (wahyu atau ajaran Allah) yang diterimanya kepada umatnya untuk dijadikan pedoman hidup agar dapat meraih kebahagiaan dunia akhirat.

Perbedaan Nabi dan Rasul
Secara ringkas untuk membedakan pengertian antara nabi dan rasul adalah sebagai berikut.

  1. Nabi, adalah orang laki-laki yang menerima wahyu dari Allah swt. untuk dirinya sendiri dan tidak berkewajiban menyampaikan kepada orang lain (umatnya).
  2. Rasul, adalah orang laki-laki yang menerima wahyu dari Allah swt. untuk dirinya sendiri dan berkewajiban menyampaikan kepada orang lain (umatnya).
Ayat Al-Qur'an yang Menjelaskan Iman Kepada Rasul
Beriktu adalah ayat-ayat al-qur'an yang menjelaskan tentang keimanan kepada rasul adalah sebagai berikut.
  1. Surah Al-Mukmin, 40:78.
  2. Surah An-Nahl, 16:43.
  3. Surah Al-Baqarah, 2:285.
  4. Surah Al-Furqan, 25:20.
  5. Surah Saba', 34:28.
  6. Surah At-Taubah, 9:128.
  7. Surah Al-Maidah, 5:15.
  8. Surah An-Nisa, 4:165.

0 komentar

Posting Komentar