Kamis, 04 Februari 2016

Pengertian Kitab dan Suhuf beserta Perbedaannya

Halo sobat kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian Kitab dan Suhuf. Sebagai seorang muslim yang beragama islam, tentu saja kita mempunyai satu kitab suci yaitu Al-Qur'an. Tapi tahukan kamu bahwa sebelum adanya al-qur'an, ternyata ada kitab-kitab sebelumnya yang diturunkan kepada Nabi Musa a.s dan Nabi Ibrahim a.s yang disebut dengan suhuf. Lalu apa sih perbedaan dan pengertian dari kitab dan suhuf tersebut? Silahkan simak materi nya dibawah ini.

pengertian kitab dan suhuf beserta perbedaanya

Pengertian Kitab
Kitab adalah wahyu Allah Swt. yang disampaikan kepada para Rasul-Nya yang sudah berbentuk buku/kitab.

Pengertian Suhuf
Suhuf adalah wahyu Allah Swt. yang disampaikan kepada para Rasul-Nya, tetapi masih dalam bentuk "lebaran-lembaran" terpisah.

Perbedaan Kitab dan Suhuf
Dari pengertian kitab dan suhuf diatas dapat kita simpulkan bahwa perbedaan dari kitab dan suhuf adalah sebagai berikut.
  1. Kitab sudah berbentuk buku.kitab, sedangkan suhuf masih berupa lembaran-lembaran yang terpisah.
  2. Isi suhuf sangat sederhana (simpel), sedangkan isi kitab lebih lengkap jika dibandingkan dengan isi suhuf (lebih terperinci).

Untuk membuktikan bahwa suhuf itu memang telah ada bahkan sebelum adanya kitab suci al-qur'an, kalian dapat melihat Q.S. Al-A'la ayat 19 yang artinya: "Sesungguhnya ini terdapat dalam kitab-kitab yang terdahulu, (yaitu) suhuf-suhuf (kitab-kitab) yang diturunkan kepada Ibrahim dan Musa".

0 komentar

Posting Komentar