Senin, 01 Februari 2016

Manfaat Ihsan dalam Kehidupan Sehari-hari (Berbuat Baik)

Halo sobat kali ini admin akan memberikan materi tentang manfaat ihsan dalam kehidupan sehari-hari bagi manusia. Untuk mendapatkan hikmah dan manfaat dari ihsan tentu saja kita harus terlebih dahulu ihsan terhadap Allah dan juga semua mahluk-Nya. Tapi apa kalian sudah tau apa yang dimaksud dengan ihsan itu?

Kata Ihsan menurut bahasa berasal dari kata kerja (fi'il) yaitu hasuna-yahsunu-hasanan yang artinya baik, kemudia mendapat hamzah di depannya menjadi ahsana-yuhsinu-ihsanan yang artinya memperbaiki atau berbuat baik.

Jadi secara garis besar ihsan adalah suatu perbuatan baik yang dilakukan kita kepada Allah dan juga mahluk-Nya. Jadi untuk mendapatkan manfaat dari ihsan tentu saja kita harus berbuat baik terlebih dahulu terhadap orang lain.

manfaat ihsan dalam kehidupan sehari-hari

Contoh dari berbuat ihsan atau berbuat baik dalam kehidupan sehari-hari adalah seperti menolong tetangga yang sedang terkena musibah, memberi makan hewan yang kelaparan, dan juga merawat alam sekitar. Bahkan jika kita telah melakukan ibadah seperti shalat, zikir, puasa dan sebagainya, maka itu sama saja seperti kita telah berbuat baik (ihsan) kepada Allah.

Sebenarnya semua yang kita perbuat itu pasti akan mendapatkan balasannya, baik itu perbuatan baik dan juga perbuatan buruk, mau dibalas di dunia maupun di akhirat. Baiklah tanpa panjang lebar lagi admin materikelas akan jelaskan manfaat dari ihsan dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Ihsan dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Manfaat yang paling utama dari berbuat baik (ihsan) adalah mendapatkan pahala dan kasih sayang dari Allah Swt., karena dengan mendapatkan pahala dan kasih sayang-Nya kita akan bisa mendapatkan surga-Nya yang kekal dan abadi.

2. Berbuat baiklah kepada kedua orang tua dan ikuti semua apa yang diperintahkannya jika itu memang bukan hal yang negatif, karena dengan begitu mungkin orang tua akan lebih menyayangi diri kita dan jika orang tua mampu maka apa yang diingingkan oleh kita akan berusaha untuk mereka dapatkan. Tapi satu manfaat yang paling penting dari kedua orang tua adalah do'a yang mujarab.

3. Manfaat ihsan dalam kehidupan sehari-hari yang ketiga akan kita dapatkan setelah kita berbuat baik terhadap kerabat, teman sejawat, ataupun tetangga. Karena jika kita berbuat baik kepada mereka maka mereka pun akan berbuat hal yang sama dari mereka yaitu berupa perbuatan baik pula.

4. Perbuatan ihsan yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari juga adalah memberi makan hewan seperti kucing, kambing, ataupun sebagainya. Manfaat yang kita dapatkan dari ihsan terhadap hewan adalah kita akan mendapatkan manfaatnya seperti misalnya jika berbuat baik seperti memelihara ayam dengan baik dan memberi makan ayam tersebut, maka ayam tersebut bisa bertelur adan telur tersebut bisa kita ambil.

5. Selain berbuat ihsan terhadap hewan, perbuatan ihsan yang juga sering dan dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan merawat alam sekitar. Contohnya saja jika kita menanam dan merawat pohon rambutan dengan baik, maka manfaat yang akan kita dapatkan adalah buahnya yang dapat kita petik dan kita makan.

0 komentar

Posting Komentar