Minggu, 03 Januari 2016

IKLAN BARIS (Pengertian dan Contoh)

Iklan Baris adalah materi pelajaran bahasa Indonesia yang akan kita sampaikan kali ini. Yang kita berikan adalah tentang pengertian dan contoh iklan baris agar kalian dapat lebih memahami lagi materi iklan baris ini jika memang kalian sudah mempelajarinya di sekolah. Dalam sebuah iklan termasuk iklan baris mengandung fakta dan opini. Semua nya akan saya jelaskan dibawah ini.

Iklan baris sering kita pada media cetak seperti koran dan majalah. Jika kalian sering membaca koran, pasti kalian akan menemukan banyak sekali iklan baris. Dalam bahasa pamakaiannya, iklan baris menggunakan penulisan yang disingkat-singkat untuk memperpendek jumlah baris. Iklan baris biasa dipakai untuk menawarkan jasa/barang (niaga) ataupun lowongan kerja.

pengertian dan contoh iklan baris
contoh iklan baris

Pengertian Iklan Baris
Iklan Baris adalah iklan yang disampaikan yang berada dalam sebuah kolom yang disampaikan kepada para pembaca yang biasa disebarkan melalui media cetak seperti koran dan majalah. Iklan baris ini ini biasanya terdiri dari dua sampai empat baris. Dan untuk pemasangannya pun tergantung pada banyaknya baris dalam iklan baris tersebut. Semakin sedikit baris yang dipakai maka harganya pun akan semakin murah.

Contoh Iklan Baris
Berikut akan saya berikan beberapa contoh iklan baris lowongan kerja dan penawaran barang atau jasa (niaga).

1. Contoh Iklan Baris Lowongan Kerja
Dcri PRT pria/wanita, usia min 18th
max 40th, krj mdh, gaji mnckupi, minat
hub: 081321321321.
contoh iklan baris lowongan kerja

2. Contoh Iklan Baris Penawaran
Honda Jazz type RS Merah Muda '15
full ors sgt trwt, msin bgs sprti bru.
Surat smua ada, minat hub: 45678910.
contoh iklan baris mobil

3. Contoh Iklan Baris Rumah
Jl. ry bdg km 15, LT/LB 200/150,
tmpt sngt strtegis, hrg trjangkau,
minat hub: 089619234567.
contoh iklan baris rumah

Fakta dan Opini dalam Iklan Baris
Dari setiap contoh iklan baris diatas kita bisa beberapa fakta dan opini. Agar kalian dapat memahami dan membedakan mana fakta dan opini maka akan saya ambil misalnya pada contoh iklan baris pertama tentang lowongan kerja.

Fakta Iklan:
1. Dicari PRT (Pekerja Rumah Tangga).
2. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 40 tahun.
3. Bagi yang berminat hubungi 081321321321.

Opini Iklan:
1. Kerja mudah.
2. Gaji mencukupi.

Nah agar kalian dapat lebih memahaminya lagi, kalian harus tau dulu apa itu fakta dan apa itu opini. Fakta adalah sesuatu yang keadaan, kondisi atau peristiwa yang sebenarnya. Sedangkan opini yaitu pendapat ataupun pernyataan yang merupakan sebuah hasil pemikiran seseorang dan bisa saja mendapatkan beberapa pendapat yang berbeda.

0 komentar

Posting Komentar